Judul | Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Melalui Metode Picture and Picture pada Kelas IV Semester II MI NURUL HUDA Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2016/2017. |
Edisi | |
No. Panggil | 00031-2017-PGSD |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | LULUK NUR AFIFAH - Personal Name |
Subyek | Prestasi Belajar Siswa Model Pembelajaran Picture |
Klasifikasi | NONE |
Judul Seri | GMD | Skripsi PGSD |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | |
Tempat Terbit | |
Deskripsi Fisik | |
Abstrak/Catatan | Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan karena antusias siswa terhadap pelajaran masih rendah. Nilai siswa masih dibawah KKM. Kegagalan dalam meraih tujuan pembelajaran ini disebabkan oleh kurangnya keefektifan dalam penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih strategi dan penggunaan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran siswa dapat tercapai dengan hasil yang baik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek Penelitian ini adalah guru dan 11 siswa kelas MI NURUL HUDA Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di daerahnya dan bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Adapun tujuan dalam pembelajaran ini adalah melatih siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam hal tanya jawab dan menyampaikan pendapat atau bertanya tentang materi yang belum dimengerti baik secara kelompok maupun individu. Serta membuat proses belajar mengajar menjadi bermakna. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada ketuntasan klasikal hasil belajar rata-rata siswa pada pra siklus mencapai 36,36%, siklus I mencapai 54,54% yang tuntas, dan pada siklus II mencapai ketuntas secara klasikal sebanyak 90,90%. Dengan demikian, jika penerapan model pembelajaran picture and picture dilaksanakan dengan baik dan benar, maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. |
Info Detil Spesifik | |
Gambar Sampul | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |